Minggu, 26 April 2020

PELUANG USAHA: AFFILIATE MARKETING

Affiliate Marketing


Melihat pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang dinilai cepat dan sempat disebut-sebut termasuk sebagai 10 negara dengan pertumbuhan tercepat di Dunia. Pada tahun 2018 dengan tingkat pertumbuhan 78%, dan memiliki sekitar 171 juta pengguna internet (Juni 2019). Maka pada kesempatan ini tidak salah kiranya kalau kita coba mengenal salah satu peluang usaha yang memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan yang tinggi yang berkaitan dengan e-commerce. Sebelum kita bahas lebih jauh, ada baiknya kita memahami dulu pengertiannya dari arti kata afiliasi (affiliate).


Pengertian dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

afiliasi/afi·li·a·si/ n 
1. pertalian sebagai anggota atau cabang; perhubungan 
2. bentuk kerja sama antara dua lembaga pendidikan
berafiliasi/ber·a·fi·li·a·si/ v mempunyai pertalian dan berhubungan sebagai anggota atau cabang

Pengertian dari Wikipedia

Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Apa Itu Affiliate Marketing ?

Affiliate Marketing merupakan suatu sistem bisnis yang menggunakan internet sebagai media utamanya dengan melibatkan pihak ketiga. Karena melalui bisnis ini kita akan tetap berjualan meski tidak memiliki modal. Kita akan menjual produk-produk ataupun jasa milik suatu perusahaan lain kemudian apabila kita berhasil menjual produk tersebut kita akan diberikan komisi sesuai dengan produk yang telah kita jual tersebut. 

Affiliate Marketing merupakan bisnis yang berbasis komisi. Komisi yang kita dapatkan akan berbeda-beda sesuai dengan banyaknya produk yang telah kita jual. Lebih mudahnya Affiliate Marketing kurang lebih sama dengan profesi makelar pada umumnya. Hanya saja bisnis ini dijalankan melalui internet. Dengan adanya bantuan internet kita sebagai makelar tidak perlu pergi menawarkan produk atau jasa secara langsung, namun dapat menggunakan website yang sudah lebih dulu di ciptakan khusus untuk program afiliasi. Perusahaan dimana kita menggabungkan diri biasanya telah menyiapkan materi untuk mempromosikan produk-produknya, jadi kita hanya membagikannya melalui akun media sosial yang kita miliki.


Cara Kerja Bisnis Affiliate Marketing

Bagi anda yang berminat ingin menjalankan Affiliate Marketing  maka anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke suatu perusahan web afiliasi kemudian nantinya kita akan mendapatkan sebuat link afiliasi untuk kita gunakan. Dengan link tersebut kita akan membagi-bagikan promosi melalui media sosial ke keluarga, teman-teman dan jaringan kita.

Nantinya apabila ada yang mengklik link yang kita promosikan tersebut, kemudian ketika ada yang berminat untuk melakukan pembelian maka kita akan mendapatkan komisi. Besar kecilnya komisi yang kita terima sesuai dari jumlah komisi/ harga produk yang dibeli. Sehingga dengan banyaknya link tautan yang kita bagikan akan sangat mempengaruhi peluang untuk diklik. Dan banyaknya calon pembeli yang melakukan transaksi akan mempengaruhi jumlah komisi kita terima.

Affiliate Marketing ini sangat menguntungan bagi pemula yang ingin mencoba untuk berjualan namun tidak memiliki modal ataupun tidak memiliki website miliknya sendiri. Yang dibutuhkan dalam hal ini adalah kita mempunyai akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram atau media sosial lainnya yang bisa untuk kita berpromosi. 



Keuntungan Affiliate Marketing

Keuntungan serta manfaat yang bisa kita dapatkan jika menjalankan sistem bisnis afiliasi ini akan dijelaskan secara singkat dibawah ini.

1. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Sekecil apapun usaha yang akan kita jalankan tentunya akan membutuhkan modal, setidaknya modal awal. Rasanya tidak mungkin ada usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Dalam bisnis ini modal yang dibutuhkan misalnya seperti Handphone (HP), atau Computer/ Laptop, kuota internet. Ada beberapa perusahaan afiliasi mensyaratkan untuk melakukan pembelanjaan awal (minimal 1 kali/ satu kali saja yang wajibnya) dan rasanya wajar saja kalau jumlah pembelanjaan itu mampu kita lakukan. 

Dan yang perlu kita perhatikan sebelum kita putuskan untuk bergabung adalah ada tidaknya kewajiban untuk belanja tiap bulan (tutup point). Kalau ada syarat seperti itu, cobalah untuk dipertimbangkan kembali sebelum bergabung. Jangan-jangan ini bukan perusahaan afiliasi tetapi bisnis jaringan (MLM). 

2. Banyak Produk yang tersedia untuk dipasarkan

Apabila kita sudah menjadi mitra dari bisnis affiliate marketing maka secara tidak langsung kita sudah termasuk sebagai pemilik toko, pusat grosir atau hypermall karena kita dapat menjual berbagai jenis produk. Untuk bisa memaksimalkan komisi yang kita dapatkan alangkah baiknya kita menjual produk yang sesuai dengan minat kita. Hal tersebut karena akan lebih memudahkan kita untuk melakukan promosi produk tersebut karena sesuai dengan apa yang lebih kita pahami.

3. Tidak Perlu menggaji Karyawan

Affiliate Marketing merupakan bisnis yang dapat kita lakukan sendiri. Dengan begitu kita tidak perlu untuk mengeluarkan biaya gaji karyawan. Bisnis ini kita yang mengerjakannya sendiri maka kita juga yang akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk yang sudah berhasil kita jual.

4. Tidak Perlu biaya lain-lain

Affiliate Marketing merupakan bisnis dengan sistem, sehingga kita juga tidak direpotkan untuk mengeluarkan biaya lain-lain. Biaya yang dimaksud adalah seperti biaya sewa kantor, biaya kirim, biaya packing, pajak, retribusi, biaya listrik, biaya air, dan biaya lain-lainnya.

5. Keuntungan Jangka Panjang

Affiliate Marketing merupakan peluang usaha (bisnis) jangka panjang. Dalam hal ini cara kerjanya dengan pengulangan, terjadi berulang-ulang. Gambarannya seperti ini: ketika kita mempromosikan link pada suatu website tertentu atau media sosial kita, maka para calon pembeli akan bisa mengklik iklan tersebut kapan dan dimana saja. Dengan begitu, jika hal tersebut terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang panjang maka komisi juga akan terus masuk kerekening kita berulang kali.

6. Pangsa Pasar yang Luas

Affiliate Marketing merupakan peluang usaha (bisnis) yang terbuka sangat luas. Dalam hal ini memiliki pasar yang sangat luas karena menggunakan jejaring internet. Kita ketahui bersama bahwa pengguna telpon seluler di Indonesia mencapai 171 juta pengguna, dengan pertumbuhan 10,2 % (27 juta jiwa) pertahun (data Juni 2019 - Gatra.com).  Itu adalah potensi di Indonesia, padahal kita berpotensi untuk menjangkau pasar tidak hanya dalam negeri namun juga pasar luar negeri.

Demikianlah penjelasan mengenai bisnis afiliasi yang dapat disampaikan, yang pada prinsipnya bisnis ini tidak terlalu rumit namun sangat berpotensi untuk bisa mendapatkan komisi yang tidak sedikit. Dengan demikian ada baiknya dipertimbangkan untuk menjalankan bisnis ini, terutama bagi anda yang tidak memiliki modal namun ingin menjalankan usaha. Jika anda masih ragu, anda dapat mencari mentor, mitra atau orang yang anda percaya bisa membimbing secara langsung dengan kredibilitas/ kemampuan/ pengalaman yang sudah anda ketahui.

Semoga bermanfaat dan dapat mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik (make life better).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar