Rabu, 13 Mei 2020

Cara Bertindak Kreatif -bag. 2



Pada tulisan sebelumnya sudah kita bahas bahwa ide kreatif/ penemuan ide baru itu adalah menggabungkan ide-ide lama/ unsur (yang sudah ada) menjadi sesuatu yang baru. Semakin banyak unsur-unsur yang sudah ada sebagai dasar pembentukan ide kreatif yang baru akan semakin komplekslah alur penggabungannya. Beberapa hal yang bisa kita lakukan jika kita ingin memulai belajar agar bisa menjadi pemikir kreatif, cobalah beberapa tips dibawah ini.

  • Buka Mata - Buka Telinga
Ada perbedaan antara melihat dan mengamati. Yang dimaksud buka mata disini bukan hanya sekedar melihat, tetapi melihat untuk mengamati. Karena kamu melihat belum tentu kamu mengamati. Pengamatan itu sebuah ketrampilan, dan setiap ketrampilan itu dapat dilatih untuk mencapai pada suatu tingkatan tertentu. Mengamati adalah usaha/ proses untuk melihat orang, benda atau kejadian-kejadian disekitar kita dengan melihatnya secara detail seolah-olah kita belum pernah melihatnya. Sebagai contoh, penonton dalam sebuah pertandingan sepak bola kadang-kadang lebih cermat daripada mereka yang sedang bermain. Penonton melihat dan mengamati, melihat sedikit tetapi pengamatannya lebih cermat. Sehingga mereka dapat melihat dimana kelemahan, kesalahan dalam pertandingan tersebut. Mereka melihat dengan antusias, fokus dan benar-benar mengamati. 

Kemampuan yang lain untuk mendorong kita agar bisa menjadi seorang yang dapat berpikir dan bertidak kreatif adalah kemampuan menjadi pendengar yang baik. Kemampuan menjadi pendengar yang baik adalah suatu ketrampilan yang agak sulit dikendalikan. Sudah menjadi penyakit umum, rata-rata orang adalah pendengar yang buruk. Pendengar yang baik mempunyai rasa ingin tahu dan minat yang kuat untuk belajar. 

Mereka bisa menjadi orang yang rendah hati dan mengendalikan egonya untuk tidak menyanggah, mengkritik apalagi berdebat. Pendengar yang baik memiliki pikiran terbuka, tujuan utama yang ingin dicapainya adalah memahami secara lengkap apa yang disampaikan pembicara. Dalam bertanya semata-mata untuk melengkapi unsur-unsur yang dianggap penting dan memahami makna secara penuh sebelum dia melakukan analisa. Dengan demikian dia bisa memutuskan menyetujui atau tidak, setelah melakukan analisa terhadap ide-ide yang baru didengarkannya.


  • Mengembangkan Rasa Ingin Tahu
Rasa ingin tahu yang benar adalah hasrat yang besar untuk belajar dan mengetahui. Bukan pengertian rasa ingin tahu dalam pengertian berbeda, mengintip pikiran orang, mencampuri urusan orang lain atau membuat kekacauan karena keingin tahuannya itu (bahasa gaulnya sebangsa "kepo" gitulah). Dengan membangun kebiasaan rasa ingin tahu ini akan mendorong kita untuk memberikan perhatian, menyelidiki terhadap apa yang menarik bagi kita untuk dikembangkan menjadi ide baru atau sesuatu yang baru.
  • Membangun Kebiasaan Membaca
Membaca dalam konteks ini adalah membaca untuk menggali ide-ide/ gagasan baru. Berbeda dengan membaca untuk hiburan, mencari informasi atau membaca sebagai pengisi waktu luang. Jenis bacaan  apa yang bisa memancing daya imajinasi kita itulah yang kita utamakan. Bisa saja imajinasi kreatif itu muncul saat kita membaca novel fiksi, menonton film dengan genre sci-fiction, dan lain sebagainya.
  • Kebiasaan Membuat Catatan
Setelah melewati alur yang cukup panjang dalam upaya mencari ide/ gagasan baru, dengan mengamati, mendengarkan, menggali informasi, membaca dan sampai pada tahap selanjutnya jangan melupakan untuk membuat catatan-catatan. Catatan ini kita perlukan agar jangan mudah lupa, untuk membuat ide/ gagasan secara detail sebelum proses kepada tahap pengujian gagasan.

Membawa buku catatan/ kertas dan pena saat kita pergi juga suatu kebiasaan yang disarankan. Hal tersebut untuk berjaga-jaga apabila didalam perjalanan kita menemukan ide/ gagasan baru. Ide/ gagasan tersebut bisa saja muncul karena adanya faktor pemicu saat kita melihat, mendengar, merasakan atau karena sebab lain. Dan jika hal itu terjadi kita sudah bisa siap untuk membuat catatannya. Faktor kebetulan kadang datang tidak terduga, tetapi kebetulan hanya akan datang kepada siapa-siapa yang siap untuk menerimanya.

Semoga bermanfaat !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar