Sabtu, 09 Mei 2020

Tips Mengembangkan Bisnis Afiliasi



Peluang usaha Afiliasi adalah satu jenis bisnis online yang banyak di gemari, diantara banyak cara berbisnis melalui internet/ online. Program ini dikenal juga dengan sistem Affilate Marketing. Affiliate Marketing merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Affiliate Marketing adalah termasuk bisnis yang menguntungkan, sebab saat ini telah banyak sekali pebisnis yang melirik dengan program bisnis yang tergolong unik ini.

Peluang usaha ini merupakan bisnis masa depan,  karena perkembangan digital dan teknologi semakin pesat maka mau tidak mau semua pengusaha mulai berbondong-bondong berpindah dari bisnis konvensional ke bisnis melalui internet/ oline/ digital. Kita lihat saja yang dulunya (ojek, kuliner) tidak dipikirkan bahwa usaha tersebut bisa di onlinekan sekarang semua sektor usaha bisa online. Keunggulan bisnis online adalah cakupan pasar yang tidak terbatas. Seluruh masyarakat dunia adalah calon konsumen yang dapat dibidik melalui bisnis online.

Cara Kerja Program Afiliasi/ Affiliate Marketing

Peluang usaha-Affiliate Marketing
Sebenarnya cara kerja program afiliasi ini telah diterapkan oleh orang-orang pada jaman dulu. Cara kerjanya sederhana yaitu pemilik usaha/ bisnis akan membayar jasa orang lain (fee/ komisi) bagi yag berhasil menjualkan barang atau jasa yang ditawarkan orang tersebut. Dalam dunia usaha jaman dulu biasanya dikenal dengan sebutan Makelar, Komisioner, agen, dan banyak istilah lain bagi pelaku usaha yang membantu menjualkan suatu produk dengan perjanjian komisi/ fee sebelum terjadinya transaksi.

Dijaman sekarang istilahnya Affiliater dalam program afiliasi bagi pelaku yang membantu menjualkan barang/ jasa tersebut. Cara menawarkan atau mempromosikannya yang berbeda, sekarang cara menawarkannya melalui internet/ online. Si Affiliater tadi akan mendapatkan Link Afiliasi untuk dia mempromosikan barang/ jasa dari si Pemilik produk. Dimana nanti jika ada calon konsumen yang mengklik link tersebut dan membeli produk yang ditawarkan maka secara otomatis by system akan menjadi hasil transaksi penjualan Affilater si pemilik Link tersebut.

Produk (barang dan jasa) yang di afiliasikan pun beragam jenisnya, ada yang berupa produk digital seperti ebook, software dan sejenisnya. Namun banyak pula yang berupa barang berbentuk fisik layaknya toko biasa, supermarket atau hypermall. Tergantung si Affiliater (Pelaku Program Afiliasi) produk mana yang akan ditawarkan/ dipromosikan.

Komisi dan Cara Pembayarannya

Komisi/ fee untuk kita pun akan beragam nilainya, tergantung jenis barang yang berhasil kita jual. Produk tertentu  yang berhasil kita jual mungkin akan mendapatkan 2-3 % komisi dari harga aslinya. Tetapi tidak menutup kemungkinan  jika produk yang kita jual memiliki fee yang besar ( contohnya hingga 50% dari harga produk). Jadi cerdaslah memilih Perusahaan mana kita akan bergabung dengan mempertimbangkan pendapatan komisi/ fee yang akan kita terima. 

Dengan perkembangan teknologi terutama dibidang bisnis online, tumbuh kembangnya perusahaan  penyedia program afiliasi baik lokal ataupun Internasional umumnya penyedia program afiliasi ini sudah menerapkan cara pembayaran yang mudah untuk memberikan pembayaran komisinya. Yang banyak diterapkan sampai saat ini adalah menggunakan Transfer Bank. Beberapa penyedia menggunakan Paypal, yang nantinya bisa ditarik melalui rekening Bank kita. Ada perusahaan yang memberikan batasan minimal saldo yang bisa ditarik (contohnya, bisa ditransfer jika saldo minimal 1 juta).  Ada juga perusahaan yang  menggunakan periode waktu pembayaran (misalkan transfer dilakukan setiap hari Selasa).

Pendaftaran dan Cara Promosi Bisnisnya

Setelah kita pelajari perhitungan pendapatan komisinya, kita pelajari dulu bagaimana cara kita mendaftar ? Ribet nggak ? Yang umum biasanya menuliskan nama lengkap, tanggal lahir (tanggal, bulan, tahun), no hp/ wa, alamat email, alamat rumah (mungkin untuk pengiriman bonus souvenir/ stater kit). Nomor rekening bank biasanya nanti diminta jika sudah ada komisi yang akan ditransfer (tergantung kebijakan perusahaan). Hati-hati untuk penyedia program afiliasi yang minta data-data yang tidak umum, misalkan minta nama gadis Ibu Kandung.

Untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis ini, tentunya kita wajib mempromosikan link afiliasi kita kepada calon konsumen. Oleh karena itu pelajari apakah perusahaan mempersiapkan, misalkan tutorial promosi, media online (template, gambar, banner, dan lainnya) sehingga kita tinggal bagi-bagi saja di media sosial milik kita. Jika semua itu sudah disiapkan perusahaan maka sebenarnya tidak sulit bagi kita untuk menjalankan bisnis ini. Kecuali ada syarat kita harus punya website/ Blog dulu dan Blog itu harus berisi tentang ini-itu, yaa……kalau seperti itu kita akan sulitlah jualan. 

Tips  Mengembangkan Bisnis Afiliasi 
Peluang Afiliasi


Ada perbedaan mendasar  sistem afiliasi dan reseller, sistem afiliasi merupakan bisnis online yang menjual barang maupun jasa tanpa syarat. Kita diwajibkan untuk mendaftar tanpa melakukan pembelian produk. Sistem reseller merupakan sistem bisnis dimana bisnis ini menjualkan produk atau jasa dengan syarat kita harus membeli dan mempunyai produk tersebut.

Untuk menjadi seorang yang sukses di dunia afiliasi ini kita harus memiliki strategi  yang berbeda dengan jenis bisnis lain. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk mengembangkan bisnis afiliasi ini meliputi sebagai berikut:

  1. Pelajari terlebih dahulu mengenai informasi produk (barang atau  jasa)  yang akan kita promosikan. 
  2. Pilihlah  produk yang lebih disukai oleh pasar, atau produk yang lagi nge-trend. Hal ini akan memberikan peluang lebih besar kemungkinan produk terjual. 
  3. Pilih produk yang kita sukai/ pahami, ini akan memberikan kemudahan kepada kita untuk meyakinkan calon konsumen saat kita promosi. Apalagi jika kita adalah user/ pemakai untuk produk tersebut
  4. Pilih dan bergabunglah dengan Perusahaan Afiliasi terpercaya. Perusahaan yang memiliki Kualitas, Pengalaman dan Profesionalisme
  5. Pilih Perusahaan Afiliasi yang memiliki Peraturan dan Persyaratan Mudah
  6. Memahami track record dari perusahaan afiliasi tersebut dengan meminta rekomendasi dari teman, saudara, atau sahabat yang sudah bergabung di Perusahaan ini
  7. Tidak ada salahnya jika Anda mencari Mentor yang dapat dipercaya dan berpengalaman untuk membantu Anda lebih berkembang di Dunia Bisnis
  8. Teruslah belajar untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan Anda di Dunia Affiliate Marketing
  9. Fokus dan kembangkan terus strategi Marketing Anda untuk menghadapi perkembangan di Dunia Bisnis. Tidak menutup kemungkinan yang saat ini trending akan menjadi out of date beberapa waktu kedepan. Kita lihat contoh dari kasus Blackberry yang ditumbangkan Android
  10. Cobalah untuk memulai membuat Blog/ website guna mengembangkan bisnis afiliasi Anda.
  11. Yang terakhir yang tidak kalah penting, Do not postpone until tomorrow, what you can do today. Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai saat ini (segera). 


Peluang bisnis dengan sistem afiliasi ini tentu sangat membantu kita yang ingin memiliki usaha sebagai tambahan penghasilan atau dijadikan usaha utama.  Kendala umum saat kita ingin memiliki usaha adalah tidak memiliki cukup modal untuk penyediaan barang/jasa. Dengan sistem afiliasi ini kita tidak membutuhkan modal yang besar, tidak membutuhkan stock barang, tidak ribet melakukan pengiriman barang, tidak harus mempersiapkan sendiri sistem, cara, perhitungan rugi/ laba, kita juga tidak butuh tempat untuk jualan.

Yang dibutuhkan disini adalah kemauan kita untuk berusaha, belajar, fokus dan merendahkan ego untuk belajar kepada siapa yang kita anggap bisa dijadikan mentor/ pembimbing agar kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan. Mentor itu tidak selalu dari Dunia nyata, bisa juga kita belajar kepada orang-orang yang mengajari kita secara online. Yakinlah masih banyak orang baik yang mau berbagi ilmu, yang mengejar nilai kebaikan (pahala) didalam kehidupannya.

Semoga bermanfaat, salam sukses…….dan SEMANGAT PAGI !!!


Bisnis afiliasi dengan Modal dibawah 1 juta: Peluang Afiliasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar